Orang Tercinta Anda Depresi? Dukung dengan Cara Tepat

Memberi dukungan kepada teman atau orang yang kita cintai saat dia mengalami depresi bukanlah hal yang mudah. Anda mungkin bingung harus bagaimana. Anda cemas jangan-jangan Anda akan mengatakan hal yang salah sehingga semakin menyakitinya.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan dalam menawarkan dukungan yang positif.

Jangan meminta orang yang Anda cintai untuk meninggalkan masalahnya. Depresi merupakan penyakit yang nyata. Orang-orang yang menderita depresi tidak bisa hanya menarik dirinya dari masalah dan merasa lebih baik. Perlu waktu dan penanganan khusus agar bisa pulih dari depresi.

Coba pikirkan hal ini: Anda tidak bisa meminta seseorang yang menderita kanker untuk meninggalkan kankernya. Depresi juga merupakan penyakit yang sama seriusnya dengan hal itu.

Dengarkan. Sekarang ini, yang paling dibutuhkan oleh orang yang Anda cintai adalah seseorang yang bisa mendengarkannya. Jangan mengganggu konsentrasinya. Jangan bertindak seolah-olah Anda tahu apa yang sebenarnya dia rasakan. Cukup dengarkan saja.

Doronglah orang tercinta Anda agar lebih aktif. Sebagian besar orang yang mengalami depresi memilih untuk mengisolasi diri mereka. Isolasi bisa memperburuk keadaan. Jadi, secara perlahan-lahan doronglah dia agar mau keluar. Ajaklah dia melakukan kegiatan bersama Anda. Undanglah dia untuk makan malam bersama atau hanya sekedar berkeliling di lingkungan tempat tinggal Anda.

Jangan memaksa. Anda bisa mendorong tapi jangan pernah memaksa. Jangan memberi perintah. Orang yang depresi akan semakin merasa disudutkan. Jika Anda selalu memaksa, maka dia akan semakin menarik dirinya. Karena itu, jika teman atau orang tercinta Anda menolak ajakan Anda, jangan memaksanya. Berilah dia lebih banyak waktu sebelum mengajaknya kembali. Tetaplah konsisten tetapi dengan cara yang lembut.

Doronglah orang tercinta Anda untuk melakukan terapi atau pengobatan. Dukunglah dia untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan. Anda juga perlu mengingatkannya agar makan dengan baik, tidur yang cukup, serta menjauh dari alkohol dan obat-obat terlarang. Anda juga bisa menawarkannya untuk melakukan terapi kesehatan.

Ciptakan lingkungan yang stabil. Mengurangi stres di sekitar rumah dapat membantu orang yang mengalami depresi. Bantulah orang tercinta Anda agar tetap memiliki jadwal kegiatan setiap harinya sehingga dia tahu apa yang perlu dilakukan dan diharapkan setiap hari.

Yakinkan bahwa orang tercinta Anda akan merasa lebih baik. Depresi bisa membuatnya putus asa. Tetaplah yakinkan dia. Depresi bisa merusak persepsi orang tentang dunia. Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu dan terapi kesehatan yang dilakukan, Orang yang Anda cintai akan kembali menemukan harapan dan pencerahan dalam hidupnya.

Komentar