Stick

Assalammu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Bismillahirrahmaanir rahiim...

Dari 'Adiy bin 'Amirah Al Kindi radhiyallahu 'anhu. berkata: "Aku pernah mendengar Rasulullah shalallhu 'alaihi wasallam bersabda, "Barangsiapa diantara kalian yang kami tugaskan untuk suatu pekerjaan (urusan), lalu menyembunyikan dari kami sebatang jarum atau lebih dari itu, maka itu adalah ghulul (harta korupsi) yang akan dia bawa pada Hari Kiamat.""'Adiy berkata, "Maka ada seorang lelaki hitam dari Anshar berdiri menghadap Nabi SAW, seolah-olah aku melihatnya, lalu dia berkata, "Wahai Rasulullah, copotlah jabatanku yang engkau tugaskan." Nabi SAW bertanya, "Ada apa gerangan?"Dia menjawab, "Aku mendengar engkau berkata demikian dan demikian". Beliaupun berkata, "Aku katakan sekarang, (bahwa) barangsiapa diantara kalian yang kami tugaskan untuk suatu pekerjaan (urusan), maka hendaklah dia membawa (seluruh hasilnya), sedikit maupun banyak. Kemudian, apa yang diberikan kepadanya, maka dia (boleh) mengambilnya. Sedangkan apa yang dilarang, maka tidak boleh." (HR. Muslim, Abu Dawud, dan Ahmad, lafadz oleh Muslim).

Sungguh mulia apa yang dicontohkan oleh lelaki hitam dari Anshar itu, karena ia sadar dan menyesal bahwa dia telah mengambil sesuatu yang bukan haknya. Sebagai orang yang amanah atas jabatanya, maka ia bersedia dicopot dari jabatannya. Subhanallah...

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman,"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka diantara kamu..." (QS. An-Nisa'/4: 29)

dan firman Allah ta'ala,"Dan janganlah sebagian kamu memakan harta sebagian yang lain diantara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebagian harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui" (QS. Al-Baqarah/2: 188)

Sabda Nabi shalallahu 'alaihi wasallam, "Sungguh akan datang kepada manusia suatu masa, yaitu seorang tidak lagi peduli dari mana dia mendapatkan harta, dari jalan halal ataukah (yang) haram". (HR. Bukhari)

Sungguh Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam telah memperingatkan pada kita bahwa akan datang suatu masa dimana orang berlomba-lomba mencari harta dan kenikmatan dunia dengan cara-cara yang bathil. Masa atau waktu yang diperingatkan Rasulullah itu mungkin telah sampai pada masa kita saat ini.

Ingatlah, perbuatan korupsi (ghulul) itu akan menyebabkan kehinaan, aib dan api neraka bagi pelakunya (HR. Ibnu Majah).

Naudzubillahimindzaalik...

Harta hasil korupsi juga akan menyebabkan tidak terkabulnya do'a.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda,"Wahai manusia, sesungguhnya Allah itu baik, tidak menerima kecuali yang baik. Dan sesungguhnya Allah memerintahkan orang-orang yang beriman dengan apa yang Allah perintahkan kepada para Rasul. Allah berfirman, "Wahai para rasul, makanlah dari yang baik-baik dan kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan". Dia (Allah) juga berfirman, "Wahai orang-orang yang beriman, makanlah yang baik-baik dari yang kami rizkikan kepada kamu,". Kemudian Rasulullah menceritakan seorang yang lama bersafar, berpakaian kusut dan berdebu. Dia menengadahkan tangannya ke langit (seraya berdo'a): "Ya Rabb..., Ya Rabb...," tetapi makanannya haram, pakaiannya haram, dan dirinya dipenuhi dengan sesuatu yang haram. Maka bagaimana do'anya akan dikabulkan?". (HR. Muslim)

Sungguh, harta hasil korupsi itu akan mempersempit alam kubur pelakunya, harta itu akan memperlambat hisabnya, harta itu akan digantungkan dilehernya pada hari Kiamat, dan akan membakar kulit dan daging orang yang makan dari yang diharamkan oleh Allah, dan akan dilelehkan serta di seterikakan kepunggung dan dadanya di dalam Neraka Jahannam. Naudzubillah....

Rasulullah shalallhu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak akan bergeser tapak kaki seorang hamba pada hari Kiamat sehingga ditanya tentang empat perkara:
1. Tentang Umurnya, untuk apa ia dihabiskan
2. Tentang Jasadnya, untuk apa ia digunakan
3. Tentang Hartanya, darimana ia mendapatkannya dan kemanakah ia menafkahkannya
4. Tentang Ilmunya, apakah yang telah ia amalkan
(HR. Tirmidzi dan ad-Darimi, dinyatakan shahih oleh al-Albani)

Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam juga bersabda, “Sesungguhnya tidak akan masuk surga daging yang tumbuh dari harta yang haram. Neraka lebih pantas untuknya”. (HR. Ahmad dan ad-Darimi)

Hai manusia!
Takutlah kamu kepada Allah...
Takutlah kamu kepada Allah...
Takutlah kamu kepada Allah....

"Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah bertaubat beserta kamu dan janganlah melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan". (QS. Hud/11: 112)

Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya...

JANGAN BIARKAN DAGING YANG TUMBUH DAN DARAH YANG MENGALIR DALAM TUBUHMU, ANAK-ANAKMU, SUAMI/ISTRIMU, DAN KELUARGAMU BERASAL DARI HARTA YANG HARAM; WALAUPUN SEDIKIT...

Wallahu'alam bishshawwab...
Billahi taufiq wal hidayah

Wasalammu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...


Semoga Bermanfaat

Another :)

"Sungguh akan datang kepada manusia suatu masa, yaitu seorang tidak lagi peduli dari mana dia mendapatkan harta, dari jalan halal ataukah (yang) haram". (HR. Bukhari)

Korupsi sebagai Kasus Penyakit Jiwa
by Emha Ainun Nadjib

Korupsi di mana-mana. Korupsi di hampir semua lapisan. Dari pamong-pamong desa hingga yang paling atas.
Korupsi di hampir semua petak-petak di mana uang mengalir, bahkan pun sampai di sekitar koper dan surban ratusan ribu para calon haji.
Korupsi di setiap tahun, bulan, hari, dan mungkin juga jam, menit, dan detik.

Korupsi menjadi salah satu "sahabat" sehari-hari kita. Korupsi menjadi salah satu identitas terpenting dari bangsa yang besar ini, bangsa yang selalu merasa besar ini, bangsa yang selalu membesarbesarkan dirinya ini.

Korupsi atas uang orang banyak.
Korupsi otoritas birokrasi yang sesungguhnya merupakan amanat.
Korupsi hak-hak, yang asal-usul asasinya bahkan dari Allah langsung.
Korupsi kewenangan, di mana para petugas yang digaji rakyat merasa "GR", tak tahu diri dan bahkan yakin bahwa mereka adalah atasannya rakyat.

Korupsi makna atas ratusan kalimat filosofi kebangsaan, prinsip-prinsip dasar kenegaraan, undang-undang, konsep dan aturan-aturan.
Korupsi interpretasi di kantor-kantor para buruh rakyat, serta juga di sel-sel dan jaringan otak mereka.

Korupsi penafsiran dalam penataran-penataran, instruksi dan "petunjuk". Kegilaan nasional kita semua dalam menggunakan kosakata "petunjuk"--tak lain tak bukan--adalah perbuatan takabur kepada Tuhan, pemilik tunggal hidayah.

Korupsi keragaman menjadi ketunggalan. Disuruh bersatu tetapi tak boleh ada dua atau tiga. Padahal kalau hanya ada satu maka tak diperlukan persatuan atau pun kesatuan.

Korupsi atas hal-hal yang paling kasar, wadag, materi sampai korupsi atas kasunyatan yang lembut, yang amat.
Korupsi atas batu sungai, tambang tembaga, kata-kata mutiara, gelondongan kayu, sampai korupsi atas informasi mengenai para nabi dan Tuhan.

Korupsi informasi tak hanya di koran-koran yang memasang jargon maha indah di leher penampilannya.

Korupsi dari tingkat yang halus ringan dan hanya merugikan nilai itu sendiri serta yang bersangkutan, sampai korupsi yang besar-besaran yang memotong usus nasib berjuta-juta orang.

Korupsi d kantor kelurahan, kecamatan, kabupaten, gubernur, di rombongan kloter sekian di hotel-hotel Madinah, di batok kepala orang-orang yang setiap saat dijunjung-junjung sebagai pemimpin -- sampai si terjunjung sampai percaya bahwa ia memang benar-benar manusia yang tak pernah korup dan layak dijunjung-junjung, dipikul dhuwur dan kelak dipendhem jero.

Korupsi tak terasa korupsi karena milik bersama, dilakukan bersama, ditutupi dengan alibi-alibi bersama, ditaburi harum wewangian retorika dan excusing yang bisa didaftar berpuluh-puluh dari berbagai sudut, sisi, dan disiplin.

Korupsi menjadi kecenderungan sehari-hari.
Menjadi "naluri alamiah" tradisi kebudayaan kita.
Menjadi makanan pokok sehari-hari.
Menjadi candu yang membuat orang merasa rugi kalau tak melakukannya.

Baik karena candu itu sudah menjadi potensialitas kerakusan pribadi, maupun karena secara kolektif tak pernah ada jaminan bahwa kalau seseorang tidak korup maka lainnya pun tidak.

Tentu saja kehidupan kita bukannya sedemikian gelap pekat dan tak ada kebaikan, tak ada kejujuran atau kejernihan.

Tapi tulisan ini mengajak kita untuk bercermin. Dan bercermin yang dimaksudkan bukanlah sejenis narsisisme: kita mengagumi kegantengan dan kecantikan wajah kita. Yang kita tatap di cermin terutama justru jerawat-jerawat kita.

Jangan khawatir, Anda tidak termasuk para koruptor, pada level mana pun.
Anda orang jujur dan selalu menatap Tuhan berdiri tepat dihadapan Anda setiap saat.
Anda orang yang selalu berdua dengan-Nya dalam kepatuhan dan kejujuran.

Tuhan tidak Anda "letakkan" di samping, tidak Anda perlakukan sebagai "pihak ketiga" sehingga Anda sebut "Ia"--dan bukan "Engkau".

Tapi pandanglah wajah-wajah kami!
Lihatlah ornamen-ornamen jerawat korupsi dan ngembeng-nya wajah korupsi di wajah kami.

Ya, kami-kami yang pejabat tinggi maupun pejabat rendahan.
Kami-kami yang orang sentral maupun orang perifekal.
Kami-kami orang atas maupun orang bawah.
Kami-kami orang penting maupun orang tak penting.
Kami-kami para pemerintah maupun pejuang kepentingan rakyat.
Kami-kami para aktivis, seniman, intelektual, LSM, penyangga demokrasi.
Kami-kami semua, memiliki kadar, sifat dan wilayah korupsi ini?

Mau diilmiah-ilmiahkan dan diakademis-akademiskan bagaimana lagi?
Mau dianalisis kayak apa lagi korupsi ini: "makhluk" bikinan manusia yang jauh lebih besar dan jauh lebih kuat dbanding manusia ini?
Mau dipandang dari macam-macam sudut-sudut pandang dan sisi-sisi penilaian sampai berapa dekade sejarah lagi.
Sudut sistem. Sudut budaya. Sudut antropologi.

Atau segala macam latarbelakang yang sebelah mana lagi yang akan kita papar-paparkan demi agar kita tampak serius mengurusi dan memprihatinkan masalah korupsi--untuk kemudian kita kecapekan karena tema satu ini tak pernah usai, tak makin mereda, membosankan untuk dipersoalkan namun menikmatkan untuk terus dilakukan dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Atau bertanya apakah engkau, wahai Emha, sedang marah-marah oleh berita tentang korupsi dan korupsi dan korupsi?

Padahal korupsi dan korupsi dan korupsi--yang dibeberkan, yang diurus, yang dibawa ke altar pengadilan--itu sesungguhnya hanya sepersekian persen dari realitas yang sebenarnya dari korupsi dan korupsi dan korupsi?

Emha menjawab: Tidak. Ambillah dunia seluruhnya, genggam di tanganmu, kepalkan, padatkan seluruh harta dunia ini, ngangakan mulutmu, masukkan padatan itu, telanlah, suruh ia mengembara di ususmu yang melingkar-lingkar, kemudian aku doakan: duburmu tidak sobek karena itu.

Ambillah negara ini, tanah ini, tambang ini, aset ini, akses ini, modal ini, perusahaan ini, hutan ini, gedung-gedung ini, nurani rakyatmu ini- -apapun saja, ambillah.

Ambillah, monopolilah, curilah, rampoklah, begallah. Dan aku tak punya urusan pribadi dengan semua itu. Aku tak punya kepentingan pribadi terhadap itu semua.

Bertengkarlah manusia.
Bersainglah pembesar-pembesar.
Sikut-sikutanlah kakap-kakap.
Sabot-menyabotlah kalian kaum raksasa.

Aku tak punya urusan pribadi dengan itu semua.
Caploklah planet bumi ini, kluwungilah tujuh samudera, rendamlah badanmu di kawah-kawah gunung.
Jaringlah waktu, zaman, kurun. Cengkeramlah kukumu hinga ke 1998, 2003, dan nyanyikan lagu penyair romantik "Aku ingin hidup seribu tahun lagi!"

Itu semua tak menyedihkanku. Tak membuat diriku prihatin atau berang. "Aku pribadi" tak punya urusan dengan keserakahan apapun di sekelilingku. Adapun kalau engkau mendengarkan ada semacam keprihatinan, kemarahan atau kesedihan--itu tak berasal dari "diri pribadi"-ku melainkan dari "diri sosial".

"Diri pribadi"-ku abadi hingga ke Tuhan. "Diri sosial"-ku terbatas: kalau engkau tiba pada tahap di mana Tuhan mengalungkan tanganmu sendiri di lehermu, sambil menutup mata, hati, dan telingamu, serta membuatmu "tak bisa kembali"--maka diri pribadiku akan tertawa keras-keras karena diri pribadi itu diberi hak oleh Tuhan untuk bersikap acuh dan meninggalkan segala kebodohan, segala ketegangan dan penyakit jiwa manusia di muka bumi.

Orang yang capek-capek menghabiskan hidupnya untuk hanya mencari harta, memeras enerjinya untuk menyabet uang siang dan malam, serta yang menjual harga kemanusiaannya untuk maling hak orang lain alias melakukan korupsi--tak ada julukan lain kecuali, bodoh, tegang, dan sakit jiwa.

Ilmu pengetahuannya tentang dirinya, tentang manusia, tentang dunia, harta, serta tentang hidup dan mati--mengalami kekeliruan dan ketidakilmiahan secara mendasar. Ia sangat tegang terhadap segala yang sudah dimilikinya, yang akan dimilikinya, yang bisa dimilikinya, yang tak bisa dimilikinya, serta yang ingin dimilikinya. Itu membuatnya sakit jiwa. Dan merusak negara dan rakyatnya.

(Ainun Nadjib, Emha. 1999 (Cet. Ke-2). Titik Nadir Demokrasi, Kesunyian Manusia dalam Negara. Yogyakarta: Penerbit Zaituna.Hal.229--235.)

Komentar