New Rising Star (Bale)

Nama : Gareth Bale
Tgl Lahir : 16 July 1989
Tempat Lahir : Cardiff
Tinggi Badan : 183 cm
Berat Badan : 73 Kg
Posisi : Bek Kiri / Sayap Kiri
Pacar : Tara Kerrigan

Bale mengawali karir profesionalnya di dunia sepakbola pada saat ia memperkuat Southampton pada usia 16 tahun dan 275 hari melawan Milwall di ajang Liga Championship, kasta kedua dibawah Premier Liga pada tanggal 17 April 2006. Semenjak itu Bale menjadi salah satu pemain muda yang paling bersinar di kancah Britannia Raya dan membuat Totenham merekrut dirinya pada April 2007 dengan biaya Transfer senilai 10 juta Poundsterling.

Biography

Gareth Bale yang bernama lengkap Gareth Frank Bale lahir di Cardiff, Wales pada tanggal 16 July 1989 yang merupakan anak terkecil dari 2 bersaudara.
Bale merupakan keponakan dari mantan pemain sepakbola yang bermain di Cardiff city, Chris Pike. Bisa dikatakan bahwa didalam keluarga Bale sudah ada tradisi pesepakbola didalam anggota keluarga mereka.

Bakat Bale sudah tercium sejak ia masih kecil, kemampuannya mengolah bola dan melakukan tendangan yang keras dengan kaki kiri nya, karena hal superior yang dipunyai Bale seperti inilah yang pernah membuat guru di sekolah menengah tempat Ia bersekolah membuat pengecualian untuk Bale seorang, Ia dilarang untuk memakai kaki kirinya dan memainkan permainan solo. Selain bersekolah di Whitchurch, Bale juga mengikuti latihan sepakbola di cabang akademi sepakbola Southampton yang berada di Bath, Walaupun banyak yang meragukan bahwa ia bakal mendapat beasiswa untuk direkrut ke akedemi sepakbola Southampton akibat masalah berat badan yang ia miliki.

Karir

Selepas tamat dari sekolah menengah dengan nilai A untuk bidang olahraga, Bale resmi dikontrak oleh Southampton dan menjalani debutnya di kancah sepakbola profesional pada tanggal 17 April 2006, pada usia 16 tahun dan 275 hari.
Debut Bale membela Southampton melawan Milwall tersebut membawa dirinya menjadi orang kedua termuda yang pernah membela Southampton (Theo Walcott menjadi pemain termuda), dalam pertandingan tersebut Bale bermain penuh selama 90menit.

Pada tanggal 6 Agustus 2006 Bale mencetak gol pertamanya bagi klub nya untuk menyamakan skor saat itu menjadi 1-1 saat melawan Derby County, skor akhir pertandingan di Pride Park tersebut adalah 2-2.

Pada bulan Desember 2006 Bale dianugrahi Carwyn James Award sebagai pemain muda Wales terbaik dan pada 4 Maret 2007, Bale dianugrahi gelar sebagai Young Player of the year. Penampilan terakhir Bale membela klub yang berjuluk The Saint tersebut adalah pada partai pertama semifinal babak playoff untuk promosi ke Liga Primer melawan Derby County pada tanggal 12 Mei 2007, Bale menderita cidera pada babak kedua pertandingan tersebut, yang membuatnya harus absen pada partai kedua pertemuan kedua tim tersebut.

Kemampuan dan Skill dari pemain muda ini menarik minat Totenham Hotspur untuk memboyong pemain ini ke White Heart Lane, dengan nilai transfer sebesar 10 juta Poundsterling pada tanggal 25 Mei 2007.
Bale mengawali debut karirnya di Totenham saat betandang ke kandang Manchester United pada tanggal 26 Agustus 2007.
Bale tidak perlu menunggu lama untuk mencetak gol buat klub baru nya, Pada partai kedua ia membela Spurs, Bale berhasil mencetak gol ke gawang Fulham, pertanding tersebut berakhir dengan kedudukan imbang 3-3.

Karir Bale hampir padam setelah tackle yang keras dari Fabrice Muamba saat membela tim nya melawan Birmingham City pada 2 Desember 2007, Bale menderita cukup parah akibat kerusakan Ligamen dan cedera ankle kanan nya. Akibat cedera ini Bale harus absen hingga akhir musim kompetisi.

Bale sendiri mengawali musim yang bisa dikatakan kurang bersinar bersama Totenham, dalam 24 pertandingan awalnya bersama Totenham tanpa pernah meraih satu kali pun kemenangan. Kemenangan pertama yang Bale rasakan saat bersama Totenham saat menghadapi Burnley pada tanggal 26 september 2009, jadi bisa dikatakan hampir lebih 2 tahun setelah Bale bergabung dengan Totenham.

Awal karir Bale bersama Spurs diwarnai oleh seringnya Bale menderita cedera sehingga ia harus sering menjalani perawatan dibanding turun bermain dilapangan hingga periode musim kompetisi 2009-2010.
Bale lebih banyak sebagai pemain pengganti dari Benoit Assou Ekoto, ketika Benoit Assou Ekoto mengalami cedera manaer tim Harry Redknapp memasang Bale untuk bermain sebagai pemain inti, kepercayaan dari Redknapp ini dibalas oleh Bale dengan penampilan yang impresif saat menghadapi Peterborough dengan kemenangan 4-0 pada putaran ke-3 Piala FA.
Bale melanjutkan penampilan terbaiknya dan ia meraih predikat sebagai pemain terbaik untuk satu putaran setelah membawa Spurs menang 3-1 melawan Fulham pada putaran ke-6 diajang piala FA. Penampilan nya semakin gemilang saat ia mencetak 1 gol saat Spurs bertanding melawan Arsenal setelah mendapat umpan matang dari Defoe. 3 hari berselang Bale kembali mencetak gol untuk membawa kemenangan 2-1 atas Chelsea, kemenangan ini membawa Spurs duduk diperingkat ke-4 liga premier Inggris dan berhak utk mendapat kan tiket ke babak penyisihan Liga Champion.
Bale pada pertandingan tersebut mendapat gelar sebagai Man of the Match, dan pada bulan itu juga Bale dianugrahi sebagai pemain terbaik untuk bulan April di Liga Primer Inggris.

Walaupun Assou Ekoto telah sembuh dari cidernya, namun penampilan menawan dari Bale membuat Assou Ekoto kali ini yang harus setia duduk di bangku cadangan, penampilan Impresive Bale kembali ditunjukkan dengan Mencetak gol pertamanya diajang Liga Champion saat mereka menang 4-1 atas Twente dikandang Spurs pada pertandingan ke-2 mereka di Grup A liga Champion.

Bale semakin menunjukkan kelasnya sebagai pemain muda dengan masa depan yang gemilang, walaupun posisi aslinya adalah seorang bek kiri, pada partai lanjutan Liga Champion melawan sang juara bertahan, Inter Milan yang diadakan di San Siro, Bale berhasil mencetak hat trick pertamanya dan lebih istimewanya hat trick tersebut ia cetak pada babak ke-2 setelah tim nya tertinggal 4-0 dan harus bermain dengan 10 orang.

Pada tahun ini juga Bale dianugrahi sebagai pemain terbaik Wales of the Year oleh Asosiasi sepakbola Wales (FAW).

Untuk Karir Internasional nya sebagai pemain tim nasional Wales, Bale mencatatkan rekor sebagai pemain termuda yang memperkuat negara nya pada saat ia berumur 16 tahun 315 hari saat memperkuat Wales bertanding melawan Trinidad & Tobago.
Bale juga merupakan pemain termuda Wales yang berhasil mencetak gol untuk negaranya, Gol tersebut ia ciptakan saat berusia 17 tahun 2 bulan ke gawang Slowakia melalui tendangan bebas yang sudah menjadi trademark dan spesialisasinya.

Kemampuan Bale menggiring bola dan tendangan keras kaki kirinya mengingatkan orang pada sosok pemain senior Wales, Ryan Gigs yang juga mempunyai skill yang tinggi dgn gocekan kaki kirinya yang menawan dan tendangan nya yang keras. Bale juga mampu beroperasi di sayap kiri seperti posisi senior nya tersebut.

Pelatih tim U-21 Wales menyatakan komentarnya bahwa Bale adalah calon bintang masa depan, kemampuan Bale menggiring bola, menendang dan melakukan tendangan bebas dengan kaki kiri saat ini bisa sedikit dikatakan mirip seperti sang legenda yang bermain di manchester united, Ryan Gigs.

Pencapaian dan Gol Statistik

Gol Statistik :
Southampton : Ajang Liga Domestik - 40 kali penampilan, 5 Gol
Totenham : Ajang Liga Domestik - 47 kali penampilan, 7 Gol
Ajang Eropa : Liga UEFA 10 kali penampilan
Liga Champion 5 kali penampilan 4 Gol.

Prestasi:
- Juara Liga Premier Akademi Sepakbola FA 2006
- Championship PFA team of the year 2007.
- Finalis Piala Liga 2009.
- Pemain muda terbaik 2007
- Pemain muda Wales terbaik 2007
- Player of the Month Premier Liga untuk bulan April 2010.
- Totenham Hotspur Young player of the Year 2009-2010.
- Pemain Wales terbaik 2010.

Komentar